MALL, UBRUK…

halimubruk2.jpgPenerbit: Lumbung Banten
Penulis: Halim HD
Harga: Rp. 10.000,-

Tanpa sengaja aku menemukan empat buah tulisan Halim HD, pejalan atau pejaring kebudayaan Nusantara asal Kebon Sayur, Serang, di folderku. Tulisannya menarik. Semuanya tentang kepedulian Halim kepada kampung halamannya.

 Tulisannya itu:

1. Apa Bupati Serang Pemimpin Warga
2. Mall dan Rusaknya Tata Ruang Sejarah
3. Ubrug dan Perubahan Jaman
4. Membayangkan Festival Banten

Bagi Halim, perubahan yang terjadi di Serang (Banten) mengabaikan kepentingan rakyat banya. Selalu penguasa berkongsi dengan pengusaha.

Halim HD adalah pejalan kebudayaan. Dia datangi kota-kota yang sedang berdenyut keseniannya. Hidupnya hanya untuk kebudayaan. Dia mukim di mana sja hatinya tepaut. Setelah Solo, kini dia mukim di Makasar. ”Saya sedang membanbgun Taman Budaya di Makasar,” kata pria asal Kebon Sayur, Serang ini.

Ketika ditanya kapan pulang, dia balik bertanya, ”Apa jawara masih berkuasa di Banten?” Menurut dia, jika jawara tetap berkuasa, Banten tidak akan maju.

Halim sejak 1970-an hengkang ke Solo. Dia pernah bercerita, sewaktu jadi wartawan di Serang sering diintimidasi oleh jawara berseragam hitam. ”Tidak kondusif!” kenangnya. Makan Solo jadi pelabuhan hatinya. Maka, jadilah dia pejalan kebudayaan; dia lakoni nusantara dan mancanegara.

Di tahun 2004 Halim pernah singgah ke Rumah Dunia. Dia tercenung. Dia begetar. Baginya Rumah Dunia adalah mimpinya. Lalu dia menceritakan pengalaman dan memotivasi di depan peserta Kelas Menulis Rumah Dunia. Dia jatuh cinta. Itu dibuktikan dengan mengirimkan berdus-dus buku koleksi pribadinya ke Rumah Dunia.

Ayo, pulanglah, Halim!
Banten membutuhkanmu!

Betulkah begitu? Hanya waktu yang bisa menjawabnya.

***

APA BUPATI SERANG PEMIMPIN WARGA?

Jadi Bupati itu mudah. Yang paling sulit justeru jadi pemimpin. Seorang pemimpin bukan hanya dia harus selalu melakukan usaha introspeksi ke dalam dirinya, keluarganya; semua tingkah laku keseharian perlu ditata secara benar. Sebab, sebagai pemimpin, dia mesti jadi panutan masyrakat, contoh bagi warga………

*) Cover buku ”Mall dan Ubrug…
*) Foto tim kerja Lumbung Banten  

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: